cookieOptions = {...}; Dermatofitosis | My veterinary day
Blogger Tips and TricksLatest Tips For BloggersBlogger Tricks

23 Desember 2013

Dermatofitosis

Berdasarkan Jurnal Medika Veterinaria “Isolasi dan Identifikasi Kapang Penyebab Dermatofitosis pada Anjing di Kecamatan SyiahKuala, Banda Aceh” yang meneliti sampel kerokan kulit dari 10 ekor anjing yang terinfeksi dermatofitosis. Diketahui bahwa penelitian ini menggunakan kerokan kulit untuk identifikasi jamur.
Dari penelitian ditemukan bahwa anjing terinfeksi dermatofitosis di bagian kepala, badan, dan kaki. Kapang atau cendawan terdiri atas genus Microsporum, Trichophyton, dan Epidermophyton. Semuanya dapat menginfeksi kulit, bulu/rambut dan kuku/tanduk hampir semua jenis hewan. Penelitian ini menemukan kapang penyebab dermatofitosis pada anjing adalah kapang jenis Trichophyton sp.
Trycophyton merupakan penyebab umum infeksi kulit dan rambut pada anjing, kucing, kambing dan hewan lain. Kapang ini menyebar secara radial pada lampisan kulit berkeratin dengan pembentukan cabang hifa dan kadang-kadang artrospora. Peradangan jaringan hidup dibawahnya sangat ringan dan hanya terlihat sedikit yang bersisik kering. Biasanya terjadi iritasi, eritema (merah-merah menyebar pada kulit), edema (akumulasi berlebihan zan alir serum didalam jaringan), dan berbentuk gelembung pada bagian tepi yang menjalar.

You migh also like:

Resent post


Recent Posts Widget