cookieOptions = {...}; Subluksasi | My veterinary day
Blogger Tips and TricksLatest Tips For BloggersBlogger Tricks

26 Mei 2014

Subluksasi

BEDAH UMUM VETERINER
Subluksasi



Anggota Kelompok :

Irma Rozalina              (1109005041)
Elsa Hidayati              (1109005042)
Elti Febilani                 (1109005047)
Noviriolla Maria          (1109005048)
Siereh Eugene M. L.   (1109005087)
A.A. Trisna Jiwani      (1109005088)
R.R. Chandra Gita      (1109005089)
Made Hermadi Putra   (1109005090)
Putu Mahasuta Negara(1109005091)



FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN
UNIVERSITAS UDAYANA
DENPASAR
2014
______________________________________________

DOWNLOAD 
______________________________________________

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sistem musculoskeletal tersusun dari otot, tendo, ligament, tulang, kartilago,  persendian dan bursa.Semua struktur ini bekerja bersama-sama untuk menghasilkan gerakan skeletal. Ada tiga jenis otot utama pada tubuh manusia yaitu otot dalam ( otot polos ), otot skeletal ( otot lurik ) dan otot jantung. Otot akan berkembang bila serabut –serabut otot mengaami pembesaran. Kekuatan dan ukuran otot dipengaruhi oleh latihan, gizi, jenis kelamin, dan genetika.  
Kelainan sistem musculoskeletal sangat banyak penyebabnya. Kontursio atau benturan pada daerah sendi dapat bersifat yaitu sederhana, disertai luksasi dan subluksasi, kemudian disertai dengan terjadinya fraktur atau fisura. Kontursio dapat terjadi secara tidak langsung atau tidak langsung. Kontursio langsung misalnya akibat kekerasan yang langsung mengenai sendi sedangkan yang tidak langsung kekerasan yang terjadi pada tempat lain tapi berpengaruh pada sendi.
1.2 Rumusan Masalah
            Dalam makalah ini adapun rumusan masalah yang akan dibahas adalah:
·         Apa yang dimaksud dengan subluksasi?
·         Bagaimana tanda klinis dari subluksasi?
·         Bagaimana penanganan dan prognosis dari kasus subluksasi?

1.3 Tujuan
            Makalah ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit sendi yaitu subluksasi.

 ______________________________________________

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Subluksasi adalah suatu dislokasi ringan yang terjadi pada gangguan tulang belakang. Pada kucing sendi yang sering mengalami subluksasi adalah pinggul sedangkan pada anjing sering terjadi pada pinggul dan siku. Meskipun dibagian sendi lain juga dapat terjadi. Trauma seperti kecelakaan adalah salah satu penyebab umum terjadinya subluksasi. Ras anjing seperti German Sheperd dan Labrador Retriever memiliki resiko lebih tinggi dalam kemungkinan mengalami subluksasi pada bagian pinggul. Sedangkan ras kucing yang sering mengalami subluksasi adalah Main Coon yang juga umumnya dialami di bagian pinggul. Hal ini dipengaruhi konformasi anatomi dari ras tersebut. Subluksasi atau yang disebut dengan keseleo yang merupakan tertariknya ligamen sendi karena gerakan tiba-tiba atau gerakan yang tidak biasa dilakukan. Terkilir menyebabkan timbulnya rasa sakit disertai peradangan pada daerah sendi.



2.2 Tanda Klinis
Tanda-tanda klinis yang paling umum yang terkait dengan subluksasi antara lain :
·         Mengalami pincang atau ketimpangan yang tiba-tiba
·         Kesulitan untuk berjalan atau melompat
·         Nyeri ketika menyentuh atau menggerakan sendi
·         Terjadi pembengkakan pada sendi
·         Sendi dijilati secara persisten
·         Nafsu makan menurun
·         Penurunan aktivitas

2.3 Diagnosis
Diagnosis dapat dilakukan melihat riwayat kecelakaan, trauma, ada tidaknya cedera, serta aktivitas dari kucing dan anjing. Selain itu lakukan juga pemeriksaan fisik.Jika sampai pada tahap tersebut dicurigai adanya subluksasi sendi, lakukan pemeriksaan dengan rontgen (X-ray) sebagai diagnosis defintif. Tes diagnostik lain antara lain computed tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI).
2.3 Prognosis
Prognosis untuk sublukasi sendi akut atau akibat trauma adalah fausta asalkan asalkan cedera segera diobati. Subluksasi kronis, seperti yang terkait dengan hip dysplasia, harus dikelola dengan baik secara medis atau mungkin memerlukan perawatan bedah.
Dengan terjadinya cedera sendi, pasien memiliki peningkatan risiko mengembangkan osteoarthritis di masa depan. Untuk menunda perkembangan osteoarthritis, banyak pasien akan mendapatkan keuntungan dari suplemen seumur hidup dengan omega-3 asam lemak, glucosamine dan chondroitin. Berat manajemen juga penting untuk mengurangi osteoarthritis masa depan setelah cedera sendi.
2.4 Penanganan
Penanganan subluksasi pada hewan dilakukan dengan perawatan yang paling tepat. Dalam banyak kasus, pembedahan mungkin diperlukan tergantung pada tingkat keparahan dari subluksasi anjing anda . Setelah dilakukan perbaikan, perban atau pendukung diperlukan untuk menahan sendi dalam keselarasan sebagai penyembuhan kapsul sendi. Stabilisasi internal keseleo (fisioterapi) umumnya dianggap sebagai terapi pilihan, terutama pada hewan yang kondisinya sedang sampai parah atau defisit neurologis pada hewan. Beberapa hewan akan memerlukan reduksi terbuka, operasi di mana sendi dibuka untuk menggantikan tulang sendi yang terkilir.


______________________________________________

BAB III
KESIMPULAN
Subluksasi adalah suatu dislokasi ringan yang terjadi pada gangguan tulang belakang. Ras anjing seperti German Sheperd dan Labrador Retriever memiliki resiko lebih tinggi dalam kemungkinan mengalami subluksasi pada bagian pinggul. Sedangkan ras kucing yang sering mengalami subluksasi adalah Main Coon. Tanda-tanda klinis yang paling umum yang terkait dengan subluksasi antara lain : mengalami pincang atau ketimpangan yang tiba-tiba, kesulitan untuk berjalan atau melompat, nyeri ketika menyentuh atau menggerakan sendi, terjadi pembengkakan pada sendi, sendi dijilati secara persisten, nafsu makan menurun, penurunan aktivitas.
Diagnosis dapat dilakukan dari riwayat pasien, pemeriksaan fisik, rontgen (X-ray). Prognosis untuk sublukasi sendi akut atau akibat trauma adalah fausta asalkan asalkan cedera segera diobati. Penanganan dapat dilakukan dengan cara pembedahan, perbaikan, perban atau pendukung diperlukan untuk menahan sendi dalam keselarasan sebagai penyembuhan kapsul sendi.
  
 ______________________________________________

DAFTAR PUSTAKA

VCA. Joint Subluxations in Dogs. http://www.vcahospitals.com/ 4 Mei 2014
Howie Chiropractic. 2013. Subluxation. http://howiechiropractic.com/ 4 Mei 2014
Cornerstone Chiropractic. 2013. Subluxation. http://yourcornerstonechiro.com/ 4 Mei 2014
Gatterman, Meridel I. 2005. Foundations of Chiropractic: Subluxation. http://books.google.co.id/books?id=bdWTzuhTb0C&dq=subluxation+animal&source=gbs_navlinks_s. 4 Mei 2014
Lust, George. 2013. The radiographic dorsolateral subluxation (DLS) test. http://bakerinstitute.vet.cornell.edu/faculty/view.php?%20id=178. 4 Mei 2014

You migh also like:

Resent post


Recent Posts Widget