cookieOptions = {...}; Type IV Vagal Indigestion | My veterinary day
Blogger Tips and TricksLatest Tips For BloggersBlogger Tricks

04 Juli 2014

Type IV Vagal Indigestion

Ringkasan “Clinico Hemato BiochemicalFindings, Clinical Management, and Production Performance of Bovines with LatePregnancy Indigestion (Type IV Vagal Indigestion)” oleh Syed Ashaq Hussain, Sanjeev Kumar Uppal, Naresh Kumar Sood, dan Shashi Kant Mahajan yang melakukan penelitian terhadap 15 hewan (8 kerbau dan 7 ekor sapi), didiagnosis dengan late pregnancy indigestion (LPI). Sepuluh kerbau dan 10 ekor sapi dijadikan kelompok kontrol.
Hewan-hewan mengalami kemajuan waktu kehamilan mengalami anoreksia, asupan air berkurang, dan dehidrasi ringan sampai sedang. Sirkulasi darah dan respirasi meningkat dan motilitas rumen berkurang. Lima hewan memiliki timpani persisten dan distensi moderat kiri perut, dan dua hewan masing-masing memiliki distensi abdomen bilateral dan papple berbentuk perut.
Neutrofil dan limfosit jumlah secara signifikan lebih tinggi dan lebih rendah dari nilai kontrol. Jumlah bilirubin, AST, total protein, globulin, BUN, glukosa, dan laktat secara signifikan lebih tinggi, dan klorida dan kalsium secara signifikan lebih rendah dari nilai kontrol. Tingkat ALP, GGT, albumin, kreatinin, kolesterol, trigliserida, fibrinogen, rasio fibrinogen, natrium, kalium, fosfor, dan magnesium tidak berbeda secara signifikan dari nilai kontrol. Konsentrasi klorida Rumen lebih tinggi dari kisaran referensi.
Mayoritas hewan ditangani gejalanya timbul sampai kelahiran. Tidak ada efek pada janin hidup atau susu hasil pada saat ini ataupun laktasi. Perbaikan dari tanda-tanda klinis setelah partus (alam atau diinduksi) dianggap sebagai definitif diagnostik untuk LPI. LPI menyebabkan perubahan signifikan hematobiochemical sehingga membutuhkan perhatian yang lebih besar dalam pengobatan hewan yang terjangkit.

Perubahan hematobiochemical dapat dijadikan pertimbangan sementara dalam penanganan LPI pada sapi. Tidak ada efek pada kelangsungan hidup janin dalam kasus-kasus yang dikelola secara medis. Prognosis penyakit ini fausta hingga infausta. LPI menyebabkan perubahan biokimia klinis dan hemato yang memerlukan pertimbangan khusus ketika perawatan.


You migh also like:

Resent post


Recent Posts Widget