cookieOptions = {...}; Pemeriksaan jantung | My veterinary day
Blogger Tips and TricksLatest Tips For BloggersBlogger Tricks

21 Juni 2013

Pemeriksaan jantung

TUGAS DIAGNOSIS KLINIK HEWAN
PEMERIKSAAN JANTUNG

oleh:
IRMA ROZALINA
1109005041


FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN
UNIVERSITAS UDAYANA
2013
______________________________________________

DOWNLOAD
______________________________________________

PEMERIKSAAN JANTUNG

Jantung yang terdiri atas 4 ruang yaitu atas (atrium) dan bawah (ventrikel) sebelah kiri dan kanan. Darah dari seluruh tubuh akan masuk ke atrium kanan, kemudian dialirkan ke ventrikel kanan. Antara atrium dan ventrikel kanan terdapat klep (Tricuspidalis) untuk menahan agar darah tidak berbalik ke atrium kanan saat ventrikel kanan memompanya keluar dari ruang jantung menuju paru-paru.
Di paru-paru darah mendapatkan oksigen kemudian masuk kembali ke jantung menuju atrium kiri. Kemudian dialirkan ke ventrikel kiri. Antara atrium dan ventrikel kiri terdapat klep (Mitral valve) untuk mencegah darah kembali ke ruang atrium kiri saat ventrikel kiri memompa darah keseluruh tubuh.

sumber: http://biologicrew.blogspot.com/


1.      InspeksiPemerikasaan jantung dilakukan dengan:
Dilihat denyut apek jantung, mudah dilihat pada hewan dengan rambut pendek dan agak kurus, yang dilihat denyut dinding dada akibat denyut jantung. Semakin jelas terlihat pada jantung yang mengalami pembesaran.

2.      Palpasi
Untuk menilai kekuatan dan luas cardiac impuls. Dilakukan dengan meletakkan telapak tangan diatas daerah jantung pada kedua sisi dinding dada. Lalu rasakan kekuatan denyut dan lebarnya denyut pada kedua sisi dinsing dada. Pada anjing kecil antara kanan dan kiri akan terasa hampir sama. Biasanya luasnya akan melebar kebelakang pada kasus hipertropi. Dan meluas kedepan pada kasus ascites, hepatomegali, atau membesarnya lambung

3.      Perkusi
Perkusi jantung dari daerah resonan ke daerah peka (redup). Jantung adalah organ muskuler suaranya peka (redup). Arah perkusi dimulai dari atas ke bawah dibelakang lengan atas dan bahu bawah(resonan ke pekak). Kemudian dari depan kebelakang  (pekak ke pekak), dari atas sedikit kedepan dan kebelakang disekitar sudut paru-paru (resonan), Perkusi daerah sternum (daerah pekak), serta dari depan (bahu ke belakang) (relatif pekak). Dan diperkusi disekitar daerah jantung yaitu 2/3dibawah thorax,antara costae 3 sampai 6, sekitar dibelakang siku.

4.      Auskultasi
Bertujuan untuk mendengarkan suara jantung dan menemukan suara-suara jantung abnormal. Tempat paling bagus untuk auskultasi  adalah antara intercostae keempat dan kelima. Suara sistole sangat baik didengarkan didaerah apek, dan suara diastole baik didengarkan di daerah basis jantung
Hal yang perlu diperhatikan dalam auskulatsi adalah: Frekuensi, irama, intensitas, dan kualitas denyut jantung
Pulsus  hewan
Hewan
Kisaran (x/menit)
Hewan
Kisaran (x/menit)
Kelinci
123 - 304
Sapi
55 - 80
Ayam
180 - 450
Babi muda
100 - 130
Anjing kecil
90 - 120
Babi dewasa
60 - 90
Anjing besar
65 - 95
Kambing dewasa
70 - 90
anak kucing
160 - 240
Kambing muda
80 - 110
Kucing
140 - 220
Anak kambing
100 - 120
Kuda
28 - 40
Domba dewasa
70 - 90
Anak kuda
70 -80
Domba muda
85 - 95
Sumber : Kelly (1977), Griffith (1990) (Smith, 1988)
 __________________________________________________________


Sumber:
1.    wikipedia books, “Pemeriksaan Fisik Jantung (Cor)http://id.wikibooks.org/wiki/Catatan_Dokter_Muda/Pemeriksaan_Fisik/Jantung# Pemeriksaan_Fisik_Jantung_.28Cor.29 (diakses tanggal 18 April 2013)
2.    Mahmud, Amir. 2009. “Mitral Valve Disease in Dog” http://drhamirmahmud.blogspot.com/2009/05/mitral-valve-disease-in-dog.html (diakses tanggal 18 April 2013)
3.    Anonim “Jantung dan Sistem Sirkulasi”



You migh also like:

Resent post


Recent Posts Widget